Menampilkan Video Youtube di PowerPoint

Bagi Anda yang menginginkan agar presentasi Power Point-nya semakin memiliki Power, ada baiknya untuk menambahkan video dalam lembar presentasi tersebut. Hal ini karena video dapat mengirimkan informasi audio dan sekaligus visual. Video dengan demikian dapat membantu hampir semua style belajar manusia, terutama tipe auditory dan tipe visual.

Persoalanya adalah, dari mana kita dapat memperoleh video yang relefan dengan presentasi kita? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa alternatif solusi. Pertama, kita memanfaatkan film-film yang beredar di pasaran. Banyak film asing maupun lokal yang dapat digunakan sebagai sarana untuk memberikan ilustrasi atau mempertegas suatu informasi dalam presentasi kita. Namun film-film semacam itu durasinya terlalu panjang untuk diputar dan sebetulnya kita memang hanya membutuuhkan satu segmen dari film tersebut. Maka kita harus “memotong”nya dengan menggunakan software editing video, seperti video cutter, movie maker, adobe premier, ulied dll.

Jika diamati, cara pertama tersebut memang mengandung beberapa kesulitan, mulai dari kesulitan dalam pemilihan film hingga instalasi video editing software dalam komputer kita. Hal ini mengingat software editing video membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi, baik prosesor, RAM, maupun hardisknya. Oleh karena itu, di sini kita tawarkan teknik kedua, yakni memanfaatkan video dari youtube.

Youtube merupakan sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat mengupload, menonton, dan mendownload video. Memang harus diakui, tidak semua video di youtube berkualitas jika dilihat dari isinya. Namun bagi para pengajar maupun trainer, kita juga dapat mencari video-video yang relefan dengan materi pembelajaran maupun materi training. Sebagai contoh, saya yang kebetulan mengajar Fisika, sejauh ini banyak dimudahkan oleh youtube karena ada begitu banyak demonstrasi materi Fisika yang dapat ditonton di youtube.

Persoalannya, bagaimana cara kita mendownload video dari youtube dan kemudian menampilkannya di Power Point? Jika video yang kita download dari youtube ingin  ditampilkan dalam PowerPoint, kita harus mendownloadnya dalam format avi agar dapat dibaca oleh Window Media Player. Hal ini karena Power Point hanya dapat membaca video yang terbaca di Window Media Player. Oleh karena itu, kita harus menggunakan mesin pendownload video youtube yang dapat menghasilkan video dalam format avi. Sejauh ini yang saya ketahui adalah vixy.net (Mesin pendownload yang lain, seperti keepvid.com dan savevid.com menghasilkan video dalam format MP4 dan FLV). Jadi sekali lagi, pakailah vixy.net untuk menghasilkan video dalam format avi.  Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuklah ke youtube, lalu tuliskan kata kunci video yang hendak kita cari,
  • Pilih salah satu video yang Anda inginkan, lalu copy alamat url-nya

  • Bukalah window baru, pada adress bar tuliskan: vixy.net
  • Setelah masuk di vixy.net, paste-lah alamat url video dari youtube yang telah kita copy, Pastikan kita pilih convert to avi pada bagian pemilihan konversi file,
  • Klik tombol Start, maka proses download segera dimulai.

Setelah proses download selesai, cobalah putar video tersebut dengan menggunakan window media player. Mungkin Anda menjumapi, bahwa video tidak dapat diputar, atau yang muncul hanya audionya saja, sedangkan gambar tidak kelihatan. Hal ini terjadi karena window media player anda belum terinstalasi “Media Player Codecs”. Oleh karena itu, instalah komputer anda dengan “Media Player Codecs”. Software ini dapat di download secara gratis, masuklah anda di alamat: http://download.cnet.com/Media-Player-Codec-Pack/3000-13632_4-10749065.html. Silakan lakukan proses download, jika sudah selesai klik dua kali pada icon software “Media Player Codecs” tersebut, lalu lakukanlah proses instalasi codecs pada komputer anda. Kini video dari youtube anda, telah terbaca di window media player.

Berikutnya, bagaimana cara memasukan video yang telah kita download ke dalam lembar presentasi Power Point? Caranya: Klil Insert>Movie>Movie From File>Search video pada folder penyimpanan video anda>Klik OK. Maka, kini presentasi Power Point kita akan menjadi lebih menarik dengan hadirnya tampilan video. Selamat mencoba.

About these ads

About SabarNurohman

Saya sabar nurohman, staf pengajar di jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Aktivitas lain di luar kampus adalah sebagai trainer, tergabung d

Posted on March 18, 2010, in Teknologi Informasi and tagged , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. makasih banyak tentang ilmu nya…

  2. As Wr Wb.
    Berguna sekali tulisan anda, terima kasih. Namun belum bisa menjjawab permasalahan yang saya alami. Saya HALIL guru di MA N 1 Praya, NTB, pertanyaan saya adalah video yang saya masukkan ke Powerpoint tentunya setelah saya comvert ternyata hanya bisa dibuka atau diputar beberapa hari setelah itu videonya tdk bisa diputar lagi alias eror. Saya telah instalkan K Lite Codec. Mohon solusinya. Terima kasih

    • Terusterang saya blm pernah mengalami hal seperti itu, tapi memang pronlem link di power point cukup banyak. Mungkin karena posisi file PPT maupun Videonya dipindah pada folder lain, sehingga linknya rusak…

  3. Gimana untuk menampilkannya ke web?terimakasih

  4. Assalamu’alaikum.
    kepada yth. pak sabar
    di tempat,

    pak sabar…saya ingin bertanya, kenapa setelah saya insert video di lembar presentasi powerpoint kemudian saya klik slideshownya videonya tidak mau play…padahal semua tahapan diatas sudah saya lalui dan berhasil.
    saya mohon penjelasannya…
    terima kasih sebelumnya.

    wassalam
    H.Sunan S

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: