Cara Kerja Motor Listrik

Motor…benda ini merupakan salah satu penyebab mengapa manusia mengalami lompatan peradaban yang begitu cepat. Lalu konsep sains apa yang paling bertanggungjawab bagi munculnya teknologi ini? Yap..tidak lain konsep sains yang dimaksud adalah listrik dan magnet. Interaksi antara keduanya dapat memunculkan berbagai hal menarik, salah satunya adalah motor.

Kita ingat pelajaran listrik magnet, manakala sebuah partikel bermuatan melewati suatu medan magnet, maka partikel tersebut dapat berbelok dengan menggunakan aturan tangan kanan.

Dengan demikian, jika kita siapkan sebuah kumparan, lalu kumparan tersebut diberi arus dan pada saat bersamaan dari arah yang tegak lurus dengan arah arus kita berikan medan magnet, maka kumparan akan terlempar karena adanya gaya magnet.

Berikut cuplikan video yang barangkali dapat memperjelas fenomena ini:

  1. Asrah nasution

    sangat bermanfaat buat orang banyak.Alhamdulillah

  2. Saya sedang mencari cara kerja motor listrik pada €esin-mesin textil untuk bahan test kerja saya

  3. cara mudah menghafalkan cara kerja motor listrik bagai mana??

  4. cara kerja motor listrik yang paling mudah di pahami apa yy??

  5. thnks pak infox

  6. Maaf, saya siswa kelas 3 SMP sedang mencari artikel Motor Listrik di google, dan kebetulan saya nge-klik disini,, untuk video-nya kira2 ada subtitle-nya tidak pak?

  7. pak kalau mau tau kan saya kelas 3 smp kalau inikan videonya klo secara tertulisnya ada gk ?

  8. bedanya dengan kaidah tangan kiri fleming apa,,,trus msg2 kaidah tangan kanan atau kiri brfgsi untuk prinsip apa saja?

  9. ini blognya pak sabar ya…

    bagus2 pak…
    ijin copas ya..buat blog sya…
    makasih pak

  10. Alhamddlah stlah sy mmhminy sy jd lbh mngrti..

  11. menarik…………………………………

  12. Makin kita belajar kok jadi makin kita merasa gak tahu seberapa

  13. bagus sekali artikelnya pak. oh iya… kalau gak salah ujung dari kumparannya (yang nyambung ke baterai) harus dikupas/digores separuh. kenapa harus dikupas separuh pak? apa yang terjadijika dikupas semua?

  14. subhallah…

  15. Konsep tentang cara kerja motor listrik, oke pak. Mudah untuk dipahami ,,,

  16. S angat luar biasa sekali penjelasan bapak tentang motor listrik. Konsep sains disini mengatakan, apabila listrik dan magnet di interaksikan akan memunculkan suatu hal yang menarik yaitu motor. Ketelitian dan kesabaran seseorang pasti mampu menciptakan sesuatun hal yang diaanggap diluar pikiran normal manusia. Trim’s pak SABAR, atas penjelasannya yang singkat dan mudah untuk dimengerti.

  17. fanny nahwan nurrachim

    assalamu’alaikum wr wb,,,
    pak itu listrik nya brp watt??

  18. KAMI TELAH BERTERIMAKASI kepada bapak yang telah mengajar beberapa prinsip kerja motor listrik kami sangat bangga kapada bapak muda-mudahan kami semua bisa mengganti bapak

  19. Great!!!
    Ilmu yang bermanfaat semoga menjadi amal jariyah bagi kehidupan mendatang.
    Ikatlah ilmu dengan mencatat (sahabat)

  20. benar – benar menarik

  21. teori ini telah membantu saya beserta teman2 khususnya ank p.ipa nr’08 dalam mengerjakan salah praktikum dari bapak.

  22. Yap..begitulah…semakin kita mencari ilmu Allah, maka akan semakin taulah kita: betapa Allah maha besar dan betapa kerdilnya kita.

    Ciptaan-Mu…menyadarkan kekerdilanku….

  23. luar biasa…
    ilmu pengetahuan yg erat sekali kaitannya dengan kebesaran yang kuasa…

    tulisan2 yang bapak buat sungguh menarik…
    bagaimana bisa menjadi orang seperti bapak?

  1. Pingback: 2010 in review « SabarNurohman's Site

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: