The Real Terrosist is….?

n41803352331-6696Tahun baru hijriah yang juga berdekatan dengan tahun baru masehi kali ini agaknya tidak bisa dirayakan oleh penduduk palestina di jalur Gaza. Kota yang menjadi basis kekuatan pejuang HAMAS itu, kini masih terus di bom bardir oleh serangan udara Israel. Tidak kurang dari 300 warga sipil meninggal dunia dan ribuan lainnya luka parah. Di depan mata dunia, yahudi-israel mempertontonkan adegan menjijikan.

Pada situasi seperti ini, bagaimana respon dunia? Bagaimana respon AS? Bagaimana respon NGO-NGO yang bergerak di bidang HAM? Bandingkan respon mereka ketika Amrozi cs membom bali yang menewaskan 200an manusia kala itu!

Apa yang terjadi hari ini hanyalah sebagian kecil dari ekspresi kebiadaban israel kepada palestina. Sebelum ini juga telah banyak anak-anak Palestina kehilangan bapaknya, istri kehilangan suaminya, dan ribuan orang kehilangan rumah tempat tinggalnya-akibat kebrutalan yahudi-israel yang seolah merasa pemilik dunia.

Indonesia, pada saat berdirinya telah menyatakan bahwa “Penjajahan di atas dunia harus segera dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan pesrikeadilan”. Pernyataan ini tentu saja mengandung konsekuensi yang serius. Indonesia, apalagi kini merupakan salah satu anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, semestinya mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong masyarakat internasional untuk tidak sekedar mengutuk dan mengajak perundingan damai, namun lebih daripada itu, kasus terakhir di jalur Gaza ini seharusnya mampu menyeret Olmert ke Pengadilan Internasioanal sebagai penjahat perang dan menghukumnya secara adil.

Kalau AS mampu menfasilitasi adanya Hukuman mati untuk Sadam Husain yang telah dianggap melakukan kejahatan kemanusiaan, mengapa terhadap Ehud Olmert tidak diberi apapun. Padahal telah jelas di depan mata, bagaimana ratusan bahkan ribuan orang telah menjadi korban atas kejahatan yang telah dilakukannya.

Kalau Imam Samudra cs diganjar hukuman mati karena tindakannya mengebom bali dan menewaskan 200an manusia, mengapa Sharon dan Militernya tetap didiamkan setelah membombardir secara membabi buta kawasan gaza? Kalau Imam samudra dianggap teroris, lalu sebuatan apa yang pas untuk Yahudi?

About SabarNurohman

Saya sabar nurohman, staf pengajar di jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Aktivitas lain di luar kampus adalah sebagai trainer, tergabung d

Posted on December 31, 2008, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: