PEMILU dan MASA DEPAN PENDIDIKAN

Hingar-bingar pemilu

Hingar-bingar pemilu

Tinggal hitungan hari, negeri ini akan melangsungkan hajatan akbar, Pemilu Legeslatif 2009. Kampanye terbuka telah dimulai oleh hampir semua partai dan caleg-calegnya. Bagi sebuah negeri yang baru mengalami efuria demokrasi, mungkin dianggap wajar jika ada begitu banyak energi dan materi yang telah dikeluarkan untuk berpesta demokrasi ini.

Partai dan para calegnya berkampanye dengan mengeluarkan begitu banyak modal. Pertanyaannya, benarkah mereka cukup tulus untuk menjadi seoarang anggota dewan yang kelak akan membela rakyatnya? Atau dalam konteks pendidikan, adakah para caleg itu faham persoalan pendidikan sekarang? Berapa banyak diantara mereka yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan?

sekolah_rusakMungkin saja ada di antara caleg yang menjanjikan pendidikan murah atau bahkan mungkin gratis. Tapi coba tanyakan kepada mereka, bagaimana caranya? Bagaimana rood mapnya agar mampu membuat pendidikan murah/gratis atau setidaknya terjangkau? Bukankah DPR yang lalu telah menetapkan Undah-Undang BHP yang tidakberpihak kepada kebanyakan orang-orang tak mampu. Lihat saja hasilnya sekarang di UGM, UI, ITB, IPB? Bisakah orang miskin sekolah di sana? Mungkinkah saat ini ada petani yang sanggup menyekolahkan anaknya di Fakultas Kedokteran?

Pendidikan kini telah menjadi sarana pelestarian kemiskinan secara sistematis. Karena yang miskin akan sulit menikmati pendidikan berkualitas, sehingga tidak punya kesempatan yang cukup luas untuk melakukan mobilasasi vertikal. Sementara yang kaya memiliki peluang begitu lebar untuk belajar (meskipun agak bodo) karena mereka mampu membayar, sehingga mereka tetap memiliki kapital untuk memperoleh pekerjaan yang bagus, penghasilan bagus dan status sosial menjadi semakin bagus. Begitulah dunia pendidikan kita telah menjadi mesin untuk terciptanya suatu kesenjangan sosial yang semakin menganga.

Dalam situasai seperti ini, adakah caleg yang telah memiliki konsep yang jelas untuk mengatasi  carut-marut kebijakan pendidikan kita? Belum lagi jika kita menyoal masalah kurikulum, kualitas guru, fasilitas pendidikan, dan sejumlah masalah yang lain.

DICARI, ANGGOTA DEWAN YANG TULUS MEMBANGUN NEGERI

About SabarNurohman

Saya sabar nurohman, staf pengajar di jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Aktivitas lain di luar kampus adalah sebagai trainer, tergabung d

Posted on March 19, 2009, in Uneg-uneg. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. pak pelatihan berkelanjutan bagus ya

  2. pak Shobri ok, thukul bisa nebeng dekat Einstein

  3. Lewat blog, guru dapat lebih dekat dengan siswa karena tidak dibatasi oleh empat dinding yang oleh siswa terkadang serasa penjara. Kita dapat menyusun tugas terstuktur, selain dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menggantikan metode ceramah, yang telah sekian tahun menjadi primadona metode pembelajaran. Terimakasih Mr.SabarNurrohman, dosen muda tapi tetap sabar mengajari saya yang sudah mendekati uzur. Jadi harap maklum kalau tiada detik yang terlewatkan untuk tidak menerima pertanyaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: