Selamat Datang 2010

Mungkin banyak di antara kita yang tidak sadar, ternyata kini kaki kita telah berada di ujung jalan 2009. Sebagian kita mungkin merasa baru kemarin sore masuk di 2009. Begitulah waktu…

Persoalannya, apa yang sudah kita siapkan untuk memasuki 2010? Capaian apa yang telah kita peroleh di tahun 2009 yang dapat dijadikan sebagai modal memasuki 2010?

Hai orang-orang yang beriman…bertaqwalah kalian kepada Allah, dan hendaklah setiap diri memeriksa apa yang telah dimilikinya untuk kehidupan yang akan datang?”

Ada sebuah ungkapan orang tentang hal ini (Anda boleh percaya-boleh tidak), katanya: 1) Orang dapat bertahan hidup tanpa makan dalam waktu 40 hari (Percaya? Jika tidak, boleh coba?) 2) Orang dapat hidup tanpa minum hanya dalam waktu 4 hari (inilah sebabnya, mahasiswa kalau aksi paling pol hanyalah aksi mogok makan, gak pernah ada ceritanya aksi mogok minum), 3) Orang tidak dapat hidup dalam waktu satu ditikpun, jiak hidup berjalan tanpa HARAPAN.

Demikian besar pengaruh harapan bagi hidup kita. Kita tidak bisa membayangkan, jika kita hidup tidak lagi punya harapan. Kehidupan akan menjadi hampa dan biasanya orang seperti ini lebih memilih untuk mati. Maka orang bunuh diri kebanyakan adalah orang yang tidak lagi punya harapan, tidak lagi punya asa. Jika harapan telah tiada, jika asa telah terputus, buat apalagi kita hidup.

Harapan dengan demikian seolah merupakan energi potensial yang dapat segera kita rubah menjadi energi gerak yang real. Harapan akan sebanding dengan energi. Semakin besar harapan yang kita miliki, maka akan semakin besar energi hidup yang kita miliki. Jika energi hidup besar, maka semua yang berat akan terasa ringan, yang jauh menjadi dekat, yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Oleh karena itu, meskipun barangkali tahun 2009 belum membawa kita pada keadaan yang kita inginkan, kita harus memupuk sebanyak mungkin harapan untuk menatap 2010. Kita masih punya hari esok. Roja’ (harapan) akan memberi energi bagi kita untuk menapaki bebatuan terjal di depan mata. Tapi, harapan saja belum cukup untuk hidup. Disamping roja, orang juga harus punya khouf (takut). Oleh karena itu, Islam mengajarkan kita untuk memiliki paling tidak dua hal dalam menatap masa depan 1) Roja’ dan 2) Khouf. Khouf dan roja harus tampil secara proporsional. Jangan sampai ada yang terlalu dominan.

Jika harapan muncul begitu besar tanpa rasa takut, orang akan melakukan apa saja untuk mencapai harapnnya. Mungkin ia akan korupsi, menipu, menzalimi orang lain dan sebagainya, yang penting harapannya tercapai. Oleh karena itu kita juga harus memupuk rasa khouf. Karena ia akan menjadi pengendali setiap langkah kita, karena ia yang akan mengingatkan adanya surga dan neraka, karena ia yang akan mengingatkan kita akan eksistensi TUHAN.

Sebaliknya, jika khouf yang mendominasi hidup kita, maka seolah kita akan menjadi orang yang terpenjara. Kita tidak lagi punya keberanian untuk bertindak. Akhirnya kita melihat diri kita tidak mampu mencapai apapun, karena tidak ada sesuatupun yang kita kerjakan.

Khouf dan roja’ dengan demikian merupakan satu paket program yang harus dikembangkan secara sinergis. Ia laksana “Gas dan Rem” dalam kehidupan. Kita punya harapan besar tentang masa depan sehingga memunculkan begitu banyak energi untuk bertindak, dan pada saat yang sama kitapun punya rasa khouf yang akan memagari seluruh tindakan kita yang membuat TUHAN tidak berkenan. Semaga bermanfaat..

About SabarNurohman

Saya sabar nurohman, staf pengajar di jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Aktivitas lain di luar kampus adalah sebagai trainer, tergabung d

Posted on December 31, 2009, in Tausyiyah and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: