Manajemen Laboratorium Komputer di Sekolah

Salah satu arus utama yang mengalir pada dunia pendidikan kita saat ini adalah “Bagaimana mengoptimalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam membantu proses pembelajaran di sekolah?” Hal ini tidak berlebihan, mengingat saat ini dunia pendidikan “hidup”  di tengah-tengah arus informasi dan komunikasi yang begitu cepat. Bukan bermaksud latah, namun jika kita tidak ingin ketinggalan, maka mau tidak mau kita harus mengoptimalkan TIK dalam proses pembelajaran di sekolah.

Salah satu komponen yang sangat menentukan  dalam upaya optimalisasi TIK sebagai alat bantu pembelajaran adalah keberadaan Laboratorium Komputer.  Laboratorium komputer, sebagaimana yang diatur dalam Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana sekolah, berfungsi sebagai tempat mengembangkan  keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.  Selain itu, kita juga memanfaatkan laboratorium komputer untuk membantu proses pembelajaran di berbagai bidang ilmu, bukan hanya TIK, namun juga IPA, IPS, Bahasa dan sebagainya.

Mengingat pentingnya peranan laboratorium komputer dalam mengembangkan keterampilan TIK dan  dalam akselerasi proses pembelajaran, maka perlu dilakukan upaya manajemen laboratorium komputer yang baik untuk mendukung  peran dan fungsi laboratorium secara optimal. Makalah ini akan mencoba membahas tentang manajemen SDM, Perencanaan Laboratorium, Penataan Laboratorium, Standar pealatan Laboratorium hingga berbagai permasalahan yang sering dihadapi dalam pengelolaan laboratorium komputer, seperti : penangan virus, perawatan hardware, dan juga strategi meminimalkan dampak negatif internet bagi para siswa.

Materi selengkapnya dapat diunduh di sini:

1.  Presentasi ManajemenLabKomputer

2.  Makalah Manajemen Laboratorium Komputer

About SabarNurohman

Saya sabar nurohman, staf pengajar di jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Aktivitas lain di luar kampus adalah sebagai trainer, tergabung d

Posted on October 29, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. terima kasih sangat membantu,,

  2. Nunut nyedot Pakdhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: