About Me

Sabar NurohmanSaya Sabar Nurohman. Lahir di sebuah desa pegunungan deket dieng, tepatnya Wanayasa, Banjarnegara, pada tanggal 21 Juni 1981. SD sampai SMU diselesaikan di Banjarnegara. Sejak tahun 1999 menginjakkan kaki di Yogyakarta untuk kuliah di Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Setelah menyelesaikan S1 pada tahun 2004, di tahun yang sama  melanjutkan studi di Program Pasca Sarjana UNY Prodi Sains.

Kini tinggal dan insya Allah menetap di Puri Sakinah A9, Potorono, Banguntapan, Bantul, DIY. Bekerja sebagai staf pengajar di Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Selain mengajar aktivitas yang lain adalah sebagai guru ngaji dan trainer di Profetika Training Center; sebuah lembaga pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia.

Kurikulum vitae

Nama : Sabar Nurohman, M.Pd

TTL : Banjarnegara, 21 Juni 1981

Alamat : Puri Sakinah A9 Potorono-Banguntapan-Bantul

Pendidikan: S1 Pend. Fisika UNY, S2 Pend. Sains UNY

Bidang yang digeluti: Pendidikan Fisika, Pengembangan model dan media pembelajaran Sains, Pelatihan PSDM, IT for Education dll

Kunjungi “Rumah Baru” kami di sabarnurohman.com

Picture2

 

  1. assslm..salam kenal pa,,.perkenalkan saya trisna.guru smp..sekarang mau melanjutkan s2 pendidikan ipa..mudah2an bisa diskusi dengan bapak…saya terkesan dengan situs yang bapak buat..kalau boleh minta emailnya..

  2. pak…ingin belajar blog sperti antum. bukan blog biasa, tp blog produktif dan manfaat. bagiamana ya?

    • Tinggal bikin aja, terus apa yang menurut kita baik, tuliskan aja…apalagi antum dah melanglang buana kemana aja…pasti banyak kisah-kisah inspiratif yang bisa dibagikan….

  3. lm ga komen di blog ini. sy g pede nyeritain profil di blog. dulu dari FKIP fisika UNS angk 97.
    “Jika di depan mata kita dihadapkan pada dua hal, yang satu pasti dan yang lainnya belum pasti, maka jalankan apa yang dah pasti itu. Sekarang antum dah pasti kuliah di sini, jalani aja…siapa tahu ini cara Allah untuk membuat kamu bahagia di masa yang akan datang. Jadi guru mungkin tidak banyak diinginkan orang, tapi saya punya dugaan, di masa depan barangkali profesi guru akan mirip seperti dokter di era sekarang. Akan ada banyak orang yang pengen jadi guru…
    Ingat: Allah sering tidak memberi apa yang kita minta…tapi Allah selalu memberi apa yang kita butuhkan….” sy begitu mengalami pengalaman ini. tapi sy sekarang dah mulai berlajar otodidak lagi pel fisika sma. alhamdulillah.. salah satunya mbuat Blog untuk apresiasi diri…
    terima kasih pa…

  4. pak, bkin hits/jml pngunjung d blog gmn ya pak?hehe…

  5. Bayu Nirpito PFNR'08

    Assalamualaikum pak,..
    Setelah membaca profil bapak, Saya salut pada bapak selain sebagai guru mengajar fisika juga sebagi guru mengaji. Saya juga ingin seperti bapak. Caranya menatur waktu gimana pak?
    Pak saya sebagai mahasiswa fisika awalnya tidak berkeinginan ke fisika namun kematematika. tetapi karena saya gak diterima dimatematika terpaksa saya ambil yang fisika. Namun setelah kuliah beberapa bulan, q merasa kemampuanku emang difisika. Apakah itu petunjuk Alloh?Terus bagaimana cara agar q lebih mantap lagi difisika?
    Kemudian, Saya suka kuliah praktikum namun kurang suka dengan kebanyakan teori. Bagaimana agar Teori dan praktikum bisa berjalan seimbang?karena saya suka diajar dengan percobaan
    Yang terakhir apakah tiap pembelajaran harus membuat silabus dan rpp dan saya selalu kesulitan dalam membuat silabus dan rpp itu. Apakah silabus dan rpp itu harus dibuat dan untuk membuat itu tidak membebankan guru?

  6. Assalamualaikum
    Salam Fisika
    Semoga kita bisa saling berbagi untuk kemajuan bersama.
    amin

  7. ass.pak, saya guru fisika dri maluku utara, pengen ngambil s2 pendidikan sains sprti bpk d uny, bgm persyaratannya ya pak, sy bingung soalnya info yg ditampilkan banyak untuk dosen.thanks atas penjelasannya nti….

  8. thanx pak atas berbagi ilmunya……
    ikut downlod materi fisika yang power point yap…..

  9. maaf pak saya mau tanya mengapa nilai saya tidak keluar..padahal saya mengikuti UAS dan kehadiran saya diatas 75%..
    memang kemaren ada kesalahan jumlah kehadiran saya tertulis dari pihak kampus 0% tetapi setelah saya mencari kejelasan dari pihak TU ternyata jumlah kehadirannya saya yang 0% itu salah..

    trimakasih..

  10. Termaksh ats ilmu yg tlh dbrikan 3hri rsanya msh krang, mdah2an akn ada gnerasi2 muda islam yg sprti kanda sabar.. Kmi tunggu slaturahminya di ponpes anshorulloh gunungkidul..jzakalloh khoiron

  11. assalamualaikum ww. pak Sabar. Saya salah satu peserta pelatihan pembuatan blog untuk guru MA. Saya ingin menanyakan ttg sertifikatnya, kepada siapa saya bisa mengambl sertifikat tersebut. Mohon infonya ya pak. Terima kasih sebelumnya …

    • Sertifikat sudah lama jadinya, saya titipkan sama pak Thoha. Coba ibu cek ke beliau, insya Allah bisa segera diambil. Tolong sampaikan ke temen2 yang lain juga. Saya pikir sudah menyebar, maaf bu kalo begitu…

  12. aslmkum.
    bapak saya sinta dari UAD teknik informatika.
    mau tanya tentang tipe2 soal, kisi2, ataupun peraturan dalam UTS besok bapak.
    .
    sifatnya open book, open rumus selembar kertas A4, atau close book…??
    .
    terimakasih sebelumnya bapak
    .
    waslm..

  13. Ass
    Sebelumnya mohon maaf,
    Bapak mau tanya besuk Mid Tipe soalnya apa ?>??

  14. Aww.
    Bagaimana kabar antum, boy, kayak lama ana aga jumpa antum. O ya, tum,,ana ada CD ustadz Prapto (pesan terakhir ustadz prapto yang berhasil di CDkan),,ana berharap ini bisa dimiliki, setidaknya untuk kenang-kenangan. Harganya 50 rb, yang insya allah 100% dananya akan disumbangkan untuk membantu biaya putra-putri beliau. jika berminat silahkan hubungi ana. syukran…Nuwun

  15. salam
    lam kenal ustad…mohon tukeran link. boleh? mudah2 bisa menguatkan tali silaturahim diantara kita.

  16. Assalamu’alaikum ww,

    Saya menemukan blog mas Sabar ketika mencari gambar tata surya melalui Google. Tapi belum menemukan gambar itu ada di artikel yang mana. Konten blog ini cukup menarik. Saya akan berkunjung kesini lagi untuk baca-baca. Kebetulan kita sama-sama tinggal di Yogya.

    Salam,
    Tuti

  17. Assalaamu’alaikum,
    kaifa khaluk ?
    wah…. dah jadi wong ngayogyakarta hadiningrat, pa ga kangen ma temen-temen di mBanjar, sukses selalu moga aja Allah SWT senantiasa menyertai anda
    Wassalaamu’alaikum wr.wb

  18. Aslkm…
    Membuka Bapak, karena teman-teman saya di MAYOGA belum lama dilatih Bapak membuat blog. Saya akan membuat beritanya di mayoga.net. SUKSES utk Pak Sabar.
    Waslkm

  19. Salam.
    Saya baru tahu, kawan sepeniduran dan sepetarangan saya ini, lebih jago mengurai kata tinimbang saya. Padahal saya mendapat didikan resmi dari institusi grup Kompas pada 2007 lalu. Tapi, saya tetep ngaku kalah dan acungkan lima jempol buat akh Sabar.

  20. Assalaamu’alaikum…

    Pa kabar, akhi? Lama tak bersua dan tak berkirim berita. semoga senantiasa dalam kebaikan dan lindungan-Nya.
    Hasrat hati ingin mengunjungi Jogja, apa daya Alloh belum mengizinkan. Semoga segera ada kesempatan dan kembali bertatap muka.

    Wassalaamu’alaikum…

    (Teriring salam dari ana sekaluarga untuk ikhwah Jogja dan keluarga dari pedalaman Jambi)

  21. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam kenal Pak Sabar…
    Dulu sy pun prnh nyantrik di kampus Karangmalang. Waktu itu msh IKIP Yogyakarta. Sejalan dg sang waktu, para alumni tlah menyebar dan bertebaran di mana-mana. Saya satu angkatan dg Pak Edi Istiyono, Pak Yusman Wiyatmo dan Pak Supahar. Hanya nasib yg membedakan saya utk mengabdi.
    Meskipun rumah di Yogya, saat ini saya diamanahi utk “nyawah” di kampus kentingan Solo atau tepatnya di Jurusan Fisika, FMIPA, UNS. Bila ada waktu, silahkan mampir ke kampus Kentingan.
    Semoga jalin silaturahmi diantara alumni semakin erat dan bs memberikan kemaslahatan bersama bagi Jurusan Pendidikan Fisika UNY khususnya dan bagi pengembangan ilmu Fisika dan Pendidikan Fisika pd umumnya.

    Semoga sukses slalu.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • Salam kenal juga…saya sudah sering denger nama Bapak dari mas Puji. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog saya.

  22. Assalamu’alaikum
    Pertama ketemu njenengan, ane kira njenengan pengurus JM Ar Rahman FISE, karena mau gojegan renyah dengan kami anak-anak baru, eee ternyata jadi pembicara di acara itu…hufhhh sontak KAGET juga!!!
    ditunggu kunjungan baliknya ke blog ane y

  23. salam kenal

    Anda Pejuang sejati semoga selalu sukses selalu….
    minta doanya biar saya juga bisa maju terus

  24. waduh gak papa?
    sama wajah saya ya lupa?saya dulu gondrong pokoknya, ikut ikebara sebentar?saya tahu njenengan aktif di masjid mujahidin…saya satu angkatan dengan njenengan…saya sejarah 99 UNY?inget gak?

    • Oya…inget aku…kita dulu sering angkringan bareng di deket kampus to? Yah…maaf loh..saya bener-bener lupa. Ok Jadilah guru yang menginspirasi….Salam buat Banjar.

  25. asalmualikum pak sabar?
    waduh jika anda dari wanayasa sampai ke jogja sukses jadi dosen…saya kembali ke bajar jadi guru smp saja ini…tapi memang perjuangan sedikit berbeda..anda pantas berada dalam jabatan dosen, agamanya bagus, dan yang saya salut lagi anda adalah orang yang gak pernah sombong dengan saya….di kucingan mau menyapa sebagai orang banjar sukses dan bahagia dunia kahirat semoga?

  26. Makasih mas Ari atas kunjungannya ke blog ini. OK ga papa, pakai aja dulu bukunya ampe kelar tugasnya. Semoga lancar…

  27. Blog nya oke akh Sabar, oh ya bukunya belum bisa kembalikan masih ana baca. Antum belum buat lembaga trainer sendiri akh?….Pasti laris dan menginspirasi adik2 lho akh….di tunggu tulisan lainnya

  28. Ok riri..gimana kabarnya sekarang? Momongannya dah berapa? Saya dah dua, cantik semua kaya bundanya. Look at bunda-afadila.blogspot.com (itu blognya istri saya).
    Denger-denger dulu katanya sempet ke luar negeri, dah pulang po?
    Aq HP ne pernah ilang, jadi no hp temen-temen banyak yang ilang. Punya kontake Yanti, Ambar, Rista, Tatik, Eko, Riswandi? etc? Kalo ada kirimin ke email ku ya: sabarnurohman@yahoo.com

  29. Riri Indri Utami

    Assalammu’alaikum Wr. Wb

    alhamdulillah inilah Sabar Nurahman yang dulu bareng seperjuangan dalam menimba ilmu di universitas kita tercinta Universitas Negeri yogyakarta, orangnya periang, banyak teman, dan alhamdulillah hidupnya selalu lurus di jalan Allah SWT Amin.
    Pak Sabar..good Luck yah, skr dah jadi Bapak Dosen……Kapan-kapan deh kalo rie main ke yogya lagi, rie bisa mampir2 lagi ke kampus, mengenang jaman kuliah dulu …Salam sama buat temen2 yang lain kalo ketemu yah dari Riri Indri Utami..Di Cirebon..OK ..

  30. assalaam… wr. wb.

    Sebuah kebanggan bisa mengunjungi blog ilmu yg sangat berbobot dari seorang ikhwan yg militan nan istiqomah ini.

    Salam jihad … dan Salam ta’dhim teruntuk para Dosen dan karyawan di Jurusan tercinta…

    Inna Allaha ma’a ash-shoobiriin….

    wassalaam… wr. wb.

  31. Assalamu’alaikum wr.wb
    Selamat pagi Bapak..
    Ucapan syukur alhamdulillah saya haturkan pada Allah SWT dan pada junjungan Nabiyullah SAW. Semoga keluarga Bapak selalu dalam naungan-Nya,amin..
    Jujur, saya kagum terhadap sosok seperti Bapak yang insyaAllah selalu mendapat rahmatNya karena telah membuka tabir anak bangsa yang buta akan ilmu fisika…
    Juga atas petunjukNya saya bisa menimba ilmu di UNY ini. Saya niat dari awal ingin bersekolah disini hanya ingin kelak bisa mengamalkan ilmu yang saya peroleh ini kepada anak bangsa yang haus akan pengetahuan sains. Saya ingin mengabdi pada Allah,agama Allah dan alam semesta demi peradaban islam (khususnya) yang lebih maju lagi… insyaAllah. Semoga saya yang haus akan ilmu fisika ini bisa menimba ilmu dari Bapak. dan juga ilmu-ilmu yang lain…

    Semangat dan Sukses untuk Bapak…
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  32. assalamu’alaikum,,

    kami MaBa pend.IPA NR 2008…
    kami sangat terkesan ketika membaca cerita-cerita bapak…
    kami kedepannya ingin menjdi seperti bapak, “sukses dalam bidang akademik, membina keluarga yang sakinah & religius ” bagaimana cara bapak meraih semuanya sehingga dpt berhasil meraih kedua2nya???

  33. asslm.wr.wb.
    sembilan tahun sudah tak kulihat raut wajahmu, Sedikit memang yang kutahu tentangmu, tapi masa mudamu mengajari aku tentang kehidupan ini. “perubahan”, itu yang akan terus terjadi setiap kita arungi waktu. dan kulihat kau telah berubah matang dan siap arungi luasnya dunia ini. Bermanfaat buat orang lain, itu yang selalu mengiringi tindakanmu. Siip. . .

  34. Orang jawa bilang “wang sinawang”, anda memandang apa yang ada dalam diri saya sebagai sesuatu yang perfect. Tapi keadaan sebenarnya mungkin tidak gitu-gitu amat….saya ketika melihat orang lain juga kadang berpikir seperti anda…tapi gak pa2. Setiap kita memang patut untuk saling memberi nasihat. Jika kita ingin baik, bertemanlah dengan orang-orang baik. Kata nabi ” Agama seseorang, tergantung pada agama temannya”…..”jika kita berteman dengan penjual minyak wangi, insya Allah kita akan ikut kecipratan wanginya, namun jika kita berteman dengan tukang besi, maka kita pun akan kena bau keringatnya..” begitu..semoga bermanfaat.

  35. asslm.wr.wb.
    subhanallah ketika sy mbca blog bpk sy sgt tksan bgtu bahgianya khdupan bpk mnjd orng skses skligus religius. bs membngn k’lrga yg islami,yg sy tnyakan bagaimana bs mjd seorang muslim yg skses dunia akherat n tetap istiqomah. dismping itu bnyk skali godaan didunia ini yg membuat diri qt ikt t’larut dlmnya jk iman qt kurang n bagaimana cara membentenginya?????????
    jazklh
    waslm.wr.wb

  36. Jika di depan mata kita dihadapkan pada dua hal, yang satu pasti dan yang lainnya belum pasti, maka jalankan apa yang dah pasti itu. Sekarang antum dah pasti kuliah di sini, jalani aja…siapa tahu ini cara Allah untuk membuat kamu bahagia di masa yang akan datang. Jadi guru mungkin tidak banyak diinginkan orang, tapi saya punya dugaan, di masa depan barangkali profesi guru akan mirip seperti dokter di era sekarang. Akan ada banyak orang yang pengen jadi guru…
    Ingat: Allah sering tidak memberi apa yang kita minta…tapi Allah selalu memberi apa yang kita butuhkan….

  37. maba pendidikan fisika non reguler. boleh ana panggil abi? tempo hari ketika abi mengisi acara ospek FMIPA abi katakan bahwa abi masuk jurdik fisika karna terpaksa, ingin membahagiakan orangtua. begitu pula ana, seperti merasa dipaksakan ketika harus memilih pend.fisika ketika ana kuliah, jujur ana tidak kepengen jadi guru, sehingga hari-hari awal kuliah tak ada semangat sedikit pun, lalu apa yang harus ana lakukan agar dapat ikhlas serta menikmati pendidikan di UNY ini? ana mengerti, sayang jika kesempatan yang sudah ada di tangan ana ini ana sia-siakan…. ana juga ingin membahagiakan kedua orangtua ana…

    • RUPANYA SY tidak sendirian. tapi mas sabar tergolong orangnya penyabar sehingga bisa jadi dosen sekrang. sebetulnya sy juga ingin ke s2 lagi tapi takut ga kesampaian. maklum saat s1 terkesan dipaksakan dan males2an. bisa ga ya? kalo di UNY tergolong cepat ga di bandingkan s2 pend sains universitas yang lain.
      salam kenal pak! kapan2 brkunjung ke gubuk saya!

      • SabarNurohman

        Ok…terimakasih dah berkunjung…barusan saya dah kunjungi blog njenengan juga, BTW tak cari about me nya kok gak ada ya? Dulu kuliah dimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: