Momentum dan Impuls

baseball.jpgKetika seorang pemain baseball memukul bola, maka terjadilah sebuah peristiwa fisika yang sangat cepat. Yakni sang pemain memberikan gaya yang cukup besar pada waktu yang sangat singkat. Fenomena tersebut, yaitu bekerjanya sebuah gaya dalam waktu yang sangat cepat dalam fisika dikenal sebagai impuls.

Akibat adanya impuls, benda akan mengalami perubahan kuantitas gerak (momentum) yang cukup signifikan. Bola akan mengalami perubahan kecepatan (baik besar maupun arahnya). Seperti itulah fisika menyediakan sebuah cara untuk menganalisis peristiwa pada pemukulan bola baseball. Lebih dalam kajian tentang hal ini Klik di sini

  1. Assalamulaikum,
    Salam kenal pak Sabar, saya andi dari semarang. Saya tertarik dengan tulisan bapak tentang momentum dan impuls. Namun, saya ingin menanyakan pada Bapak khususnya pada persamaan (7) yang tertulis: “Jika persamaan (6) dibagi dengan dt, maka diperoleh …”. Apakah yang dimaksud dalam proses tersebut adalah diferensiasi? Mengapa dikatakan dP “dibagi” dt? Apakah diferensiasi tersebut sama dengan dibagi? Terima kasih.
    Wassalamualaikum

    • SabarNurohman

      Wah betul juga ya, dp/dt dalam konteks ini jelas bukan pembagian, tapi diferensiasi. Ya makasih pak…sekali lagi terbukti kalo tulisan dibaca orang lain akan semakin diketahui kesalahan-kesalahannya. Maturnuwun. Kalo berkenan jika menemukan kekuaranagn dalam tulisan saya mohon dikoreksi. Maklum, kalo lagi nulis sering dikejar target,jadi banyak yang salah. Trims sekalilagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: