Baiti…Jannatii…

Saya menikah pada hari ke 18 bulan Januari 2006 dengan seorang akhwat dari Ngawi, Irena Agustiningtyas, yang sekarang lebih dikenal sebagai bunda afa-dila. Waktu itu bunda afa-dila masih menggambil profesi di Fakultas Kedokteran UGM.  Akad nikah dilaksanakan di Masjid Baiturrohman, depan alun-alun Ngawi.

Setelah menikah, kami cari kontrakan (yang paling murah) dan alhamdulillah dapat di sebuah kampung di Berbah. Rumahnya cukup besar, depan rumah berupa sawah, samping rumah “Kandang” Kambing yang diikuti Makam. Maka tiap kali saya keluar rumah malam hari, untuk Liqo misalnya, istri selalu ikut karena takut ditinggal sendirian.

Awal Pernikahan Di Kontrakan Berbah

Apapun keadaanya, kami tetap menikmati dan mensyukuri masa-masa awal kehidupan dalam membangun suatu keluarga. Hingga akhirnya, tanggal 27 Mei 2006 Jogja diguncang gempa dengan kekuatan yang cukup dahsyat hingga membuat rumah bagian belakang kontrakan kami ikut rusak. Pasca gempa kami tinggal sementara di Kontrakan temen-temen KAMMDA, AZAHRO di krangkungan, Condongcatur.

Alhamdulillah BSMI, sebuah lembaga sosial dimana istri saya beraktivitas, butuh orang yang dapat mengelola kesekretariatan. Maka sejak saat itu kita tinggal di sekretariat BSMI di daerah Blunyahrejo. Beberapa bulan tinggal di sana kami diberi kabar gembira dari langit, bahwa dalam perut istri saya telah tumbuh calon anak pertama kami.

Masa Kehamilan Bunda

Waktu itu saya bener-bener bahagia, percaya gak percaya, sebentar lagi saya bakal jadi ayah. Hari berganti minggu, minggu berganti bulan hingga pada Tanggal 6 Maret 2007 anak pertama kami dilahirkan di Sakinah Idaman Pukul 18.00. Putri, putih dan cantik, lalu kami berinama dia “Nafia Afkar Putri Nurohman”, Nafia berasal dari kata Nafi’ah yang artinya bermanfaat, Afkar artinya Pemikiran, kami berharap putri pertama kami ini menjadi anak yang pemikirannya dapat bermanfaat untuk ummat. Semoga….

Bayi Afa

Afa tumbuh berkembang dengan baik, kini usianya sudah tiga tahun. Sekolah di Taman Batita Mu’az Bin Jabal. Sebagai anak pertama, dia tumbuh benar-benar dalam fase perjuangan. Kadang kasihan kalau mengingatnya, sejak usia tiga bulan dia sudah kami ajak nyari Rizki, kadang siang, kadang malam naik motor untuk ikut praktik bundanya. Saat itu istri praktik di Ramadhan Medical Center, deket bonbin. Tapi alhamdulillah afa cukup sehat. Lebih banyak tentang Afa.

Pada usia afa yang kelima bulan, dia sudah dikabari bahwa ia akan segera punya adik, ya…istri hamil lagi untuk yang kedua kalinya pada saat afa masih minum ASI Ekslusif. Pada awalnya kami shok, kaget…tapi akhirnya kami sadar, bahwa ternyata Allah masih percaya memberikan amanah berupa anak kepada kami. Kami bersyukur, ternyata Allah menganggap kami mampu untuk membawa amanah ini.

Akhirnya, pada tanggal 29 Mei 2008 adeknya afa lahir di Ngawi pukul 14.00. Sangat menyesal, kala itu saya tidak bisa menunggui karena saya masih di Jogja dan proses kelahirannya begitu cepat, di luar yang saya duga. Istri mulai kontraksi pukul 12.00, saya langsung meluncur ke Ngawi, saya pikir masih ada waktu biasanya 8 jam dari kontraksi baru lahir. Eh ternyata dua jam berikutnya, ketika saya baru sampai di Dlanggu, saya sudah dikabari, Putri kedua kami lahir, Alhamdulillah.  Lalu kami beri nama “Adila Azfar Putri Nurohman”. Adila maknanya Keadilan/adil, Azfar artinya kemenangan, kami berharap anak yang kedua kami bisa menjadi orang yang menang karena keadilannya. Semoga…

Bayi dila

Adila Azfar Putri Nurohman biasa kami panggil dengan nama Dila. Sekarang usianya sudah hampir dua tahun, Insya Allah sudah didaftarkan sekolah, bareng sama kakanya di Mu’az Bin Jabaal. Lebih banyak tentang dila.

Setelah de’ Dila Lahir, Alhamdulillah Allah memberi rizki kami berupa Rumah, sejak bulan Juni 2008 kami tinggal di Puri Sakinah A9, Potorono-Banguntapan-Bantul.

  1. salam kenal pak…..artikel fisikanya lumayan buat pengetahuan tambahan, untuk saya yang bergelut di dunia call center….btw, nama anaknya bagus pak, insya Allah jika nanti sudah program anak kedua mau pakai nama Nafia Jika anak perempuan yang dikasih Allah…insya Allah Amin

  2. hemm..pak slam kenal..
    waahhh..sya trtarik ne mngikuti jejak anda..
    sya juga skrng lgi kul S1 pnddikn Fisika di UNEJ, ud smster 7..n insya Allah ingn lnjut Studi S2 Pnddkan Sains..
    oya leh ta sran g pak..gmn jlani studi biar smw sesuai dngn planing..???
    trims.. ^^

  3. Pengalaman hidup yang sangat indah. Kebetulan tanggal pernikahan bapak sama dengan tanggal pernikahan saya. Hanya saya menyunting belahan hati saya di sragen, tetangga kabupaten istri Bapak. Pak Sabar, saya sangat tertarik dengan tulisan Bapak. Meski berasal dari fisika murni, justru saya tertantang untuk terus belajar dalam dunia pendidikan. Terima kasih.

    • SabarNurohman

      Ya, makasih atas kunjungannya pak Andi. Njenengan angkatan 99 juga? Saya punya teman kuliah di Pend Fisika UNESS angkatan 99. Namanya Nunung..atau jangan2 Pak Andi ini di UNDIP?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: