Activity-Based Assesment

PENGEMBANGAN ACTIVITY-BASED ASSESMENT

UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES EKSPERIMEN FISIKA BAGI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DASAR I

Sabar Nurohman

Pujianto

ABSTRAK

Proses evaluasi pada perkuliahan Praktikum Fisika Dasar I yang selama ini berjalan, lebih banyak hanya meninjau dari aspek laporan yang dibuat oleh mahasiswa. Padahal mata kuliah praktikum salah satunya diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan proses eksperimen fisika. Oleh karena itu ada tuntutan untuk mengembangkan sebuah format penilaian yang dapat menjangkau seluruh kegiatan perkuliahan praktikum. Berdasarkan argumentasi tersebut, maka dilaksanakanlah penelitian ini dengan tujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan perangkat Activity-Based Assesment dalam kuliah Praktikum Fisika Dasar I yang dapat meningkatkan keterampilan proses eksperimen fisika bagi mahasiswa, 2) mengetahui bentuk/format pengembangan perangkat Activity-Based Assesment dalam kuliah Praktikum Fisika Dasar I yang dapat meningkatkan keterampilan proses eksperimen fisika bagi mahasiswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Melalui suatu aktivitas bersiklus dengan menggunakan Four-D Models, yaitu 1) Define, 2) Design, 3) Develope, dan 4) Disseminate diharapkan dapat dikembangkan satu paket perangkat Activity-Based Assesment. Keempat aktivitas tersebut dilakukan secara berulang hingga tiga kali sehingga diperoleh suatu perangkat Activity-Based Assesment yang dianggap baku sebagai hasil revisi dari siklus I dan II.

Penelitian ini telah berhasil menemukan prosedur pengembangan perangkat Activity-Based Assesment dalam kuliah Praktikum Fisika Dasar I yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan proses eksperimen fisika bagi mahasiswa melalui siklus Four-D Models. Bentuk/format perangkat Activity-Based Assesment dalam kuliah Praktikum Fisika Dasar I yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan proses eksperimen fisika bagi mahasiswa setidaknya terdiri dari tiga perangkat, yaitu 1) Instrumen Penilaian Kegiatan pra-lab, 2) Instrumen Penilaian Kegiatan Praktikum, 3) Instrumen Penilaian Laporan Praktikum.

Kata kunci: Activity-Based Assesment, keterampilan proses eksperimen fisika

Selengkapnya baca di sini

  1. Assalamu alaikum pak..!! saya kurnia dr makassar…saya rencananya juga mau mengembangkan instrumen penilaian praktikum tetapi dalam bentuk penilian kinerja…tapi pembagiannya sama kok, ada pra lab, kegiatan praktikum dan laporan…!!Klo bapak tidak keberatan bisa tidak saya minta contoh instrumennya dan pedoman penskorannya soalnya saya masih agak bingung dalam penyusunannya…!!! Mohon bantuannya dan Terima kasih

  2. Assalamualaikum,,
    salam kenal pak sabar,,saya Fibrika mahasiswa pend. Sains PPs UNY
    saya tertarik dengan beberapa peneltian bapak yang tentang keterampilan proses mahasiswa,dan saya brencana mnyusun tesis tentang pengaruh pembelajaran laboratorium bebasis medel inkuiri termodifikasi terhadap keterampilan proses dan sikap ilmiah mahasiswa.
    kl bapak adw waktu, saya pengen sharing dengan bapak tentang ini,,
    ini no hp saya 085266496442

  3. maaf pak sabar, boleh minta no hpnya nda? barang kali saya mao konsultasi or ketemu sama pak sabar. tanks

  4. maaf pa,..mau nanya lagi,
    setelah saya baca,.masih ada hal yang belum saya pahami,..
    tentang kesimpulan bahwa keterampilan proses eksperimen mahasiswa meningkat,.sementara tidak ada data yang menyatakan peningkatan tersebut(mohon maaf kalo pertanyaannya nyeleneh,..berhubung pengetahuan saya masih sangat minim mengenai hal ini)
    jadi kalo bisa,.mau minta untuk dijelaskan,.
    makasih sebelumnya

    • Ok, pertanyaan yang sangat kritis. Saya juga barus sadar gak menampilkan data hasil penelitiannya. Tapi memang penelitian saya merupakan penelitian Reseach and Development (R&D), sehingga yang menjadi fokus adalah pada bagaimana cara mengembangkan perangkat Activity Based Assesment-nya. Melalui kegiatan bersiklus Four-D Model, saya bersama tim memproduk instrumen penilaian Activity Based assesment yang dianggap paling baik.Nah setelah penelitian R&D, maka orang lain boleh menggunakan hasil riset ini (berupa instrumen penilaian activity based assesment) untuk diuji (dieksperimenkan) dalam rangka peningkatan keterampilan proses sains misalnya. Ya, saya pikir ini cukup…ok?

  5. pa sabar,.ko ga bisa dibuka ya???
    padahal saya butuh banget nih,..tenteng keterampilan eksperimen bwt penelitian,.kalo boleh mau minta file sama referensinya,.
    ditunggu jawabannya,..makasih sebelumnya

    • Sebenernya filenya bisa dibuka, cuman mungkin agak berat jadi butuh kecepatan internet yang memadai. Atau jangan2 di komputere mb Septi gak ada PDF readernya, coz filenya dalam format PDF. Oh ya, kalo referensi tentang keterampilan proses sains sebetulnya lebih banyak saya tulis di judul “Seven Jump Methods”. Di sana lebih lengkap. Ntar kalo emang gak bisa dibuka…bisa tak kirim via email…

  6. assalamualaikum
    pak nurohmat, saya subhan mahasiswa fisika dari tesis yang actifity-baed assessment setelah saya baca saya masih bingung masalah bentuk instrumenya, kalo boleh saya bisa di perlihatkan desain awalnya dan sumbernya. terimakasih

    • Instrumen bisa anda kembangkan dari hasil penelitian ini (pada bagian akhir). Di sana dah saya laporkan Indikator2 yang perlu dimunculkan. Kalo belum jelas, temui saya aja. BTW jenengan mahasiswa UNY bukan?

      • oh saya mahasiswa unnes pak,… gni pak saya critanya saya mo ngembangin penelitian bapak ini kedalam bentuk lebih sederhana buat praktikum smp pak, kalo di ijinkan tentunya.cz judul sekripsi saya udah terlanjur tentang pengembangan evaluasi praktikum pak. jadi kemapa saya butuh sumber desain awalnya pak. terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: