Seven Jump Methods

PENERAPAN SEVEN JUMP METHOD (SJM) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA

Sabar Nurohman

Abstrak

Pembelajaran klasikal yang masih didominasi oleh kegiatan dosen di depan kelas telah banyak dikritik sebagai pembelajaran yang tidak membelajarkan. Namun pada kenyataannya, mayoritas dosen, termasuk di lingkungan FMIPA UNY, masih menggunakan pola teacher centered tersebut dalam pembelajarannya di kelas. Pembelajaran teacher centered kurang memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melakukan proses sains. Akibatnya, mahasiswa tidak memiliki keterampilan proses sains yang memadai. Oleh karena itu, perlu ada terobosan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Kajian ini akan mencoba mengurai penerapan Seven Jump Methods (SJM) sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa.

Keterampilan proses sains terdiri dari: 1) Keterampilan mengamati, 2) Keterampilan menafsirkan hasil pengamatan, 3) Membuat hipotesis, 4) Merancang eksperimen, 5) Melakukan eksperimen, 6) Menganalisis data, dan 7) Mengkomunikasikan hasil. Adapun SJM adalah sebuah metode pembelajaran yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu: 1) Klarifikasi terminologi dan konsep yang belum dipahami, 2) Mendefinisikan Permasalahan, 3) Menganalisis permasalahan dan menawarkan penjelasan sementara, 4) Menginventarisir berbagai penjelasanan yang dibutuhkan, 5) Menformulasi tujuan belajar, 6) Mengumpulkan informasi melalui belajar mandiri, 7) Mensintesis informasi baru dan menguji serta mengevaluasinya untuk permasalahan yang sedang dikemukakan dan Melakukan refleksi penguatan hasil belajar.

Berdasarkan kajian teoritis dengan menganalisis komponen keterampilan proses dan sintak metode SJM, maka dapat disimpulkan bahwa:  metode SJM  memiliki  tahap-tahap  pembelajaran  yang  selaras  dengan  pengembangan keterampilan proses sains mahasiswa. Oleh  karena  itu,  metode SJM secara teoritis dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan proses sains.

Kata Kunci: Seven Jump Method, Keterampilan Proses Sains

Makalah Lengkapnya, dapat diunduh  DI SINI

  1. Sangat setuju dengan kesempurnaan ,,,,,

  2. trmsuk jurnal bukan si?cz wt refrnsi skripsi tntng kpsnya

  3. itu termsuk jurnal bukan si?cz wt refrnsi skripsi niy tntng kps

  4. ga bisa dibuka juga pa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: