Astronomi

astronomy-picture-of-the-day-20040305Cantik, beutiful,amazing…

Itulah komentar yang pertama kali mungkin akan terlontar manakala kita melihat keindahan langit malam yang dihiasi berjuta bintang. Saat itu kita akan melihat, betapa kita ini hanya seonggok mahluk kerdil yang diliputi oleh berbagai kelemahan. Itulah sebagian kebesaran Allah yang dapat dilihat setiap hari.

Keanggunan alam semesta ini akan semakin dirasakan pada saat kita belajar Astronomi. Melalui halaman ini akan kami sajikan bahan-bahan kuliah Astronomi untuk mahasiswa Prodi Pendidikan IPA.  Mata kuliah ini mencakup materi pembelajaran asas-asas astronomi, model-model kosmologi, spektroskopi dan radiasi, teleskop, tata surya, bintang, galaksi, dan alam semesta.

Berikut daftar materi kuliah Astromomi, Anda tinggal klik pada link yang tersedia, maka Anda akan di bawa ke halaman lain yang berisi materi pokok bahasan yang bersangkutan:

1. Bola Langit

2. Sistem Tata Surya

3. Sistem Bumi-Bulan

4. Mekanika Benda Langit

5. Fisika Bintang

6. Evolusi Bintang

7. Galaksi

8. struktur Jagad Raya

Saya sarankan kepada para mahasiswa untuk mengunduh referensi berikut:

roy-clarke-astronomy-principles-and-practice-4th-ed1

  1. Assalaamu’alaikum,wr.wb.salam kenal pa…izin share materi astronominya..

  2. Terima kasih mohon ijin download untuk bahan belajar anak saya semoga amal budinya dapat memberi berkah hidup bapak amiiiin

  3. ahhh pengen belajar astronomi, tapi di SMK saya ngga ada 😦
    universitas yang ada jurusan ipa astronomi juga cuma ITB.
    bingung mau belajar dimana 😦

  4. assalamu’alaikum wr wb
    salam kenal
    kebetulan sama2 di prodi pend.fisika meski beda uni…
    saya di UNS Pak (postingan sebelumnya salah ketik Pak, maaf)
    mo nanya nih…utk MK Astronomi Pak Sabar pake buku text apa? kebetulan (lagi) semester dpn saya diamanahi ngampu MK astronomi yg notabene MK baru di prodi kami.
    maturnuwun
    wassalamu’alaikum wr wb

    • Oya, makasih telah berkunjung di blog ini. referensi utama kami -roy-clarke-astronomy-principles-and-practice-4th-ed1-, saya punya soft copynya, ibu bisa ngunduh di halaman astronomi blog ini (bagian paling bawah, setelah daftar materi). Yang lain-lainnya ada, tapi lupa judulnya..bukunya tak tinggal di rumah (sekarang kebetulan posisi masih di kampus. Sebagian kita juga pakai buku dari Bapak2 di ITB yang kita gunakan buat bimbingan olimpiade astronomi anak2 SMA.

  5. assalamu’alaikum wr wb
    salam kenal
    kebetulan sama2 di prodi pend.fisika meski beda uni…
    saya di UNY Pak
    mo nanya nih…utk MK Astronomi Pak Sabar pake buku text apa? kebetulan (lagi) semester dpn saya diamanahi ngampu MK astronomi yg notabene MK baru di prodi kami.
    maturnuwun
    wassalamu’alaikum wr wb

  6. Assalaamu’alaikum,wr.wb.
    kaifa khaluk ? ga kangen nich ma temen – temen di mBanjarnegara, mat sukses ya,….
    Wassalaamu’alaikum, wr.wb.

Leave a comment