Sains-Teknologi-Masyarakat
PENERAPAN
PENDEKATAN SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT (STM)
DALAM PEMBELAJARAN IPA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN
LIFE SKILLS PESERTA DIDIK
Oleh :
Sabar Nurohman, S.Pd.Si
Abstrak
Pendidikan IPA selama ini lebih banyak berlangsung secara teks book, hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi tidak bermakna, peserta didik tercerabut dari kehidupan nyata, dan pada akhirnya pendidikan tidak mampu memberikan bekal life skills kepada peserta didik. Pendekatan STM menghajatkan agar pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas senantiasa bersesuaian dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat. Sesuai dengan objek kajian IPA yaitu segala fenomena alam, maka semestinya pendidikan IPA dengan menggunakan pendekatan STM diharapkan mampu membekali peserta didik dengan life skills agar dapat bertahan hidup di alam dengan segala dinamikanya.
Kata Kunci : Pendidikan IPA, Pendekatan STM, Life skills
Selengkapnya baca di sini
Bismillah. Afwan, kebetulan penelitian kami hampir sama dengan judul penelitian Bapak di atas. mohon dikirimkan file lengkap penelitiannya ke Alakmat email kami di susanto.fisika@gmail.com. syukran
kalu bisa mohon dikirin teori pendekatan STM