Sains-Teknologi-Masyarakat

PENERAPAN

PENDEKATAN SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT (STM)

DALAM PEMBELAJARAN IPA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN

LIFE SKILLS PESERTA DIDIK

Oleh :

Sabar Nurohman, S.Pd.Si

Abstrak

Pendidikan IPA selama ini lebih banyak berlangsung secara teks book, hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi tidak bermakna, peserta didik tercerabut dari kehidupan nyata, dan pada akhirnya pendidikan tidak mampu memberikan bekal life skills kepada peserta didik. Pendekatan STM menghajatkan agar pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas senantiasa bersesuaian dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat. Sesuai dengan objek kajian IPA yaitu segala fenomena alam, maka semestinya pendidikan IPA dengan menggunakan pendekatan STM diharapkan mampu membekali peserta didik dengan life skills agar dapat bertahan hidup di alam dengan segala dinamikanya.

Kata Kunci : Pendidikan IPA, Pendekatan STM, Life skills

Selengkapnya baca di sini

  1. Bismillah. Afwan, kebetulan penelitian kami hampir sama dengan judul penelitian Bapak di atas. mohon dikirimkan file lengkap penelitiannya ke Alakmat email kami di susanto.fisika@gmail.com. syukran

  2. I WAYAN GDE WIRADANA

    kalu bisa mohon dikirin teori pendekatan STM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: